ASBI Indonesia

"Learn Today Lead Tomorrow"

Twitterview Bersama @anggunberlian dan @rahmadyss

Leave a comment

Senin lalu, di akun twitter kita @ASBI_Indonesia selain diadakan NGObrol Santai Sore-Sore alias #ngosss disambung dengan twitterview #Tview bersama @anggunberlian dan @rahmadyss. Keduanya, Mei lalu ke US mengikuti program I-US-YLP.  Admin merangkum #Tview dengan mereka di bawah ini ya🙂

 

Halo Kak @anggunberlian & @rahmadyss! Siap ya share cerita pengalaman kakak2 selama di US ikutan I-US-YLP😀

Nah, kita mau tau nih kak @anggunberlian & @rahmadyss I-US-YLP itu apa sih?

@anggunberlian

IUSYLP, yang merupakan singkatan dari Indonesia-United States Youth Leadership Program

Itu program pertukaran pelajar antara remaja Indonesia dan Amerika, khususnya diperuntukkan remaja SMA dari kedua negara

Tujuan utama program ini adalah mengasah skill kepemimpinan para peserta

 

@rahmadyss

Disamping itu, prog IUSYLP jg btujuan spy para psrta yg merepresentasikan Indonesia dan Amerika…

mengenal lebih baik aspek2 kebudayaan, pendidikan, sistem pemerintahan & aspek yg lain dr ke-2 neg.

Program IUSYLP 2013 yang kami ikuti ini, kali itu mengangkat tema mengenai lingkungan.

 

Wah, menarik bgt! Btw, certain dong bagaimana awalnya kak @anggunberlian & @rahmadyss bisa ikutan program IUSYLP?

@rahmadyss

Prosesnya ckp panjang, sblmnya, pwakilan dr Center Civic of Education in Indonesia dtg ke sekolah unt m’publikasi acara tsb

Setelah itu, bagi anak-anak kelas 10 ASBI yang berminat, dipersilahkan mendaftar

Peserta harus mengisi berlembar-lembar aplikasi yang berisi data diri dan juga menjawab berbagai pertanyaan essai

 

@anggunberlian

Prosesnya ckp panjang, sblmnya, pwakilan dr Center Civic of Education in Indonesia dtg ke sekolah unt m’publikasi acara tsb

Setelah itu, bagi anak-anak kelas 10 ASBI yang berminat, dipersilahkan mendaftar

Peserta harus mengisi berlembar-lembar aplikasi yang berisi data diri dan juga menjawab berbagai pertanyaan essai

 

@rahmadyss

Dari sekitar 37 tujuh applicants, 16 diantaranya lolos untuk mengikuti interview lewat telepon.

Beberapa waktu kemudian, barulah diumumkan bahwa 6 anak ASBI diundang untuk interview secara langsung di Jakarta.

Nah, akhirnya, kami yang terpilih menjadi I-US-YLP participants😀

 

Gmn perasaannya ketika tahu kak @anggunberlian & @rahmadyss berhasil terpilih untuk ikutan IUSYLP dan akan ke Amerika?😀

@anggunberlian

Saking luar biasanya, rasanya nggak bisa digambarkan. Pastinya bersyukur banget dengan kesempatan yang kami dapat.

@rahmadyss

Seneng, terharu, nggak nyangka, semua jadi satu. Sebuah mimpi yang menjadi nyata!😀

 

Ini nih, bagian yg paling admin tunggu2, ceritain dong, pjlnan & kegiatan kak @anggunberlian & @rahmadyss selama IUSYLP di Amerika

@anggunberlian

Sebelum terbang ke Amerika, kami mengikuti Pre-Departure-Orientation di Jakarta selama 2 hari, yakni pada tanggal 30 dan 31 Mei.

Pada tanggal 1 Juni malam, sekitar pukul 20.00, kami berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta.

Kami 2 kali transit di Singapura & Hongkong. Kami mdarat di San Francisco 2 Juni.

Penerbangan yang lama memang berefek pada kami. Buktinya, begitu sampai di di Amerika, badan terasa pegel pegel. Hehe.

 

@rahmadyss

Tapi itu wajar bgt sih! Ada 1 lg yg jd tantangan pbedaan wktu US-Ina yg ckp signifikan, kurang lebih 12 jam.

Hal itu bikin pd hari2 awal kami disana diganggu oleh jetlag. Mmg brt sih, krn bawaan u/ tidur di siang hari ada aja

tapi suasana Amerika yang mengesankan cukup jadi obat. Alhasil, jetlag udh ilang hny kurang dr satu minggu. Hehe.

 

@anggunberlian

Prog IUSYLP blgsg krg lbh 1 bulan – 23 hari dihabiskan di Amerika & seminggu t’akhir di Indonesia, tepatnya di Bogor

Sesuai tema prog: lingkungan, 23 hari di Amerika kami byk bknjg ke orgns2 keren yg bgerak pd pemberdayaan lingkungan.

Kami bljr ttg pmslhn lingkungan di Amerika & strategi2 pemerintah serta orgns2 non-profit untuk menanganinya.

 

@rahmadyss

Kami bknjg ke Clean Valley Council – orgns non-profit yg m’upayakan sungai2 di daerah Virginia agar ttp brsh

SCRAP yg bfokus pd daur ulang brg2 rmh tgg yg sdh tdk tpakai & Building Resources unt mgunakan ulang bhn2 bangunan.

Kami juga ke WWF loooh😀

 

@anggunberlian

Gak hny itu, kami jg byk melakukan kegiatan community service lho!

Kami nyabut gulma di taman nasional, berkebun, menemani anak-anak TK belajar, dan lain-lain.

Minggu terakhir di US, kami hbskan di Global Youth Village Bedford, sebuah summer camp.

Di sana, kami bertemu 6 peserta Amerika. kami karaoke bsama, main games, bhkn cultural sharing yang seeeruuu banget!😀

 

@rahmadyss

Oya, kami jg bkunjung ke San Fransisco, pantai, national park, komunitas2 & NGO berbau lingkungan, & ke slh 1 high school.

Kami jg terbang ke Washington DC & tour keliling DC dooong J Dari DC kami pindah ke Roanoke & tgl 1 minggu bsama host family

 

Wow, buanyaak bgt keg-nya ya J Ada ga sih, kesan/pengalaman/pljrn bhrga yg kak @anggunberlian & @rahmadyss alami selama ikut prog IUSYLP?

@anggunberlian

BANYAK! Hehehe…diantaranya kami jd mengetahui lbh byk ttg sejarah Amerika

Mengalami hal mnrk di US seperti suasana di Golden Gate Bridge yang selalu dingin walaupun itu pada musim panas

Indonesia Lombard Street yg mrpk jln plg bkelok2 sedunia, penjara Alcatraz yg ditutup gara2 biaya antar makanan yg tll mahal & msh byk yg lain

Kami mempelajari juga mengenai beberapa figure penting Amerika, seperti Roosevelt, Lincoln, dan Jefferson.

Kami jg bknjg ke Smithsonian Museum – museum ttg native American di Washington & bksmptn ke Capitol Hill

 

@rahmadyss

Pengalaman yang tidak kalah menarik adalah ketika kami tinggal bersama host family.

Disana saya bisa ngobrol sepuasnya dengan native speaker. Challenging sih, but asik juga.

Kami ngobrol masalah pendidikan, kenakalan remaja & yg tdk klh ptg adl ngobrol ttg kebebasan b’ekspresi yang dianut oleh Amerika.

Ayah angkat kami mengatakan bhw kebebasan yg ada harus dilandasi oleh tg jwb yg tinggi.

Pd intinya, tiap org pny hak unt b’ekspresi semau mrk asalkan hal itu gak ganggu kenyamanan orang lain.

 

Superb! Nah, stlh ikutan IUSYLP, lalu apa yang kak @anggunberlian & @rahmadyss akn lakukan unt menerapkan pengalaman & pljrn yg didpt?

@rahmadyss

Setelah prog ini selesai kami mdpt follow-on project sbg tndk lnjt stlh kami bljr di sana. Projeknya ttp btema lingkungan.

Project ini nantinya akan dipresentasikan di Kedutaan Besar Amerika pada Desember nanti.

 

@anggunberlian

Bermodalkan mini grant dari Legacy Intenational, kami diharapkan bisa mengembangkan project kami secara mandiri.

Sebuah honorable responsibility untuk menjalankan ide besar kami, yaitu Enviromental Action 2013.

Project kami, scr grs bsr tdiri dr 2 prog. Yg pertama adl Enviroaction, yaitu pddkn lingk hdp yg menyenangkan unt anak SD

Yg ke-2, Environmovie yaitu environmental shortmovie competition untuk SMP & SMA

 

@rahmadyss

Kami saat ini dalam proses pencarian sponsor, jadi yang berminat silahkan hubungi kami, hehe.

Unt tmn2 pelajar SMP & SMA se-Jabodetabek boleh ikutan Environmovie loooh, siap-siap yaaa!

 

Sip! Kita doain smg follow-on project kak @anggunberlian & @rahmadyss sukses & sgt trm ksh sdh bbagi pengalaman2 serunya IUSYLP

Oya, kak @anggunberlian & @rahmadyss pny blog yg khusus isinya menceritakan kegiatan & keseharian mrk selama IUSYLP. Klik aja http://www.iusylp-2013.blogspot.com/

Smg sharing sore ini bmanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s