ASBI Indonesia

"Learn Today Lead Tomorrow"

Mengapa Bantuan Biaya Pendidikan dan Bukan Beasiswa

Leave a comment

Teman-teman, mungkin banyak yang bertanya-tanya mengapa sih bersekolah di ASBI, istilah yang digunakan adalah bantuan biaya pendidikan dan bukan beasiswa. Berikut ini penjelasannya, dikutip langsung dari situs Putera Sampoerna Foundation. Penjelasan di bawah ini dipublikasikan sejak bulan April lalu. Teman-teman juga bisa mengaksesnya di http://bit.ly/153EXBQ.

Selamat membaca teman-teman🙂

———————————————————————————————————————————

Putera Sampoerna Foundation didirikan pada tahun 2001, sebagai sebuah yayasan filantropi yang menyalurkan beasiswa untuk memberi kesempatan siswa-siswi Indonesia melanjutkan pendidikan mereka, baik pendidikan tingkat sekolah dasar hingga pendidikan pasca sarjana (di dalam mapun di luar negeri).

Pemberian beasiswa ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada penerima beasiswa untuk berkontribusi kembali dan membantu membangun negara setelah mereka menyelesaikan pendidikannya. Sangat disayangkan hanya sedikit dari mereka yang memberikan kontribusi kembali untuk membantu masyarakat Indonesia. Bahkan ada yang memilih untuk tidak kembali ke Indonesia sehingga tidak membangun negara Indonesia. Siapa yang akan membangun negara ini kalau bukan generasi kini untuk generasi selanjutnya?

Putera Sampoerna Foundation berkeyakinan  bahwa masyarakat Indonesia memegang asas gotong royong, yang membudayakan kita untuk saling bahu membahu membantu sesama.

Mempelajari situasi ini, setelah 10 tahun, kami merubah konsep dari filantrofis menjadi bisnis sosial agar program-program yang kami tawarkan dapat berkelanjutan dan membantu lebih banyak siswa-siswi Indonesia yang kurang beruntung. Bantuan ini diberikan melalui Koperasi Siswa Bangsa, yakni program bantuan biaya pendidikan bagi mereka yang membutuhkan, mereka yang berprestasi secara akademis namun kondisi ekonomi keluarganya tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Siswa-siswi penerima bantuan biaya pendidikan ini akan berkontribusi kembali agar bantuan biaya pendidikan dapat bergulir nantinya bagi adik-adik kelasnya sebagai generasi penerus.

Konsep bantuan biaya pendidikan ini yang sekarang diterapkan oleh Putera Sampoerna Foundation untuk membantu siswa-siswi Indonesia yang berprestasi dari keluarga prasejahtera untuk mendapatakses pada pendidikan berkualitas.

Istilah dan konsep bantuan biaya pendidikan yang berbasis pinjaman tanpa agunan (student loan) masih awam untuk sebagian masyarakat Indonesia. Perubahan Putera Sampoerna Foundation dari memberi beasiswa ke bantuan biaya pendidikan merupakan sebuah penyempurnaan konsep pemberian bantuan kepada lebih banyak anak bangsa melalui pendidikan guna menuju Indonesia yang lebih baik. Untuk itu, kami senantiasia mensosialisasikan konsep ini melalui berbagai medium.

Perubahan konsep dari pemberian beasiswa menjadi bantuan biaya pendidikan juga menjadikan Putera Sampoerna Foundation sebagai institusi bisnis sosial dari yang sebelumnya yayasan filantropi.

Model bisnis social juga merupakan istilah yang masih sangat awam bagi Indonesia. Bisnis social merupakan salah satu konsep bisnis yang mementingkan kesinambungan sebuah program dan dampak positif dari program tersebut. Konsep bisnis social ini merupakan inspirasi dari Muhammad Yunus, peraih medali Nobel tahun 2006 yang mempromosikan kesinambungan ekonomi dan social sebuah masyarakat.

Sebuah bisnis social dirancang untuk menjadi berkelanjutan. Ini berarti, organisasi yang menerapkan model bisnis social berfokus pada peningkatkan manfaat yang mereka peroleh dapat diberikan kepada masyarakat prasejahtera. Mengandalkan sumbangan/donasi amal bukanlah cara yang berkelanjutan untuk menjalankan sebuah organisasi.

Dana – dana yang diperoleh organisasi sosial bisnis digunakan kembali untuk mendanai program – program social organisasi, sehingga program – program tersebut dapat berkelanjutan untuk jangka waktu yang panjang. Hasil perolehan upaya ini, apapun bentuknya, digunakan untuk memperluas manfaat sosial yang disediakan organisasi tersebut.

Putera Sampoerna Foundation percaya bahwa setiap program harus berjalan secara berkesinambungan untuk menghasilkan dampak yang lebih besar bagi masyarakat.

Sebagai sebuah institusi bisnis sosial, Putera Sampoerna Foundation menjalankan fungsi CSR operator bagi para mitra/donator untuk menciptakan dan melaksanakan kegiatan CSR mereka. Sampai saat ini Putera Sampoerna Foundation telah dipercaya oleh lebih dari 300 korporasi, organisasi maupun asosiasi untuk menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR). Putera Sampoerna Foundation juga menjalankan amanah dari para donatur dengan cara yang profesional, transparan serta inovatif. Putera Sampoerna Foundation merupakan lembaga independen pertama di bidang pendidikan yang memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008, sertifikat sistem kualitas manajemen yang bertaraf internasional.

Pendidikan adalah sebuah investasi jangka panjang untuk menghasilkan sebuah perubahan yang signifikan bagi masyarakat dan perkembangan suatu negara. Sebagai sebuah institusi bisnis sosial, Putera Sampoerna Foundation tidak bias selalu mengandalkan sumbangan atau donasi amal,  karena itu bukanlah cara yang berkelanjutan menjalankan sebuah organisasi sosial.

Putera Sampoerna Foundation selalu berinovasi membuahkan konsep ataupun menyempurnakan program agar dapat berkelanjutan dengan berbagai pembaharuan yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, donasi yang diperoleh dapat bergulir dan membiayai lebih banyak siswa – siswi berprestasi dari keluarga prasejahtera.

Untuk itu, diciptakan mekansime “kontribusi balik” oleh para siswa yang memperoleh bantuan pendidikan. Ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan keberlanjutan program pemberian bantuan pendidikan untuk jangka waktu yang panjang serta membantu lebih banyak siswa/I dari keluarga prasejahtera Indonesia yang berprestasi.

Bantuan biaya pendidikan yang diterapkan oleh Putera Sampoerna Foundation melalui Koperasi Siswa Bangsa adalah bantuan pendidikan dalam bentuk pinjaman tanpa agunan kepada siswa – siswi dari keluarga prasejahtera yang berprestasi. Pengembalian bantuan pendidikan ini menjadi dana yang bergulir. Dalam skema ini,  bantuan pendidikan dikembalikan kepada Koperasi Siswa Bangsa untuk diputar dan digunakan sebagai dana simpanan yang digunakan sebagai bantuan pendidikan untuk generasi selanjutnya atau adik – adik kelasnya yang juga ingin mengenyam pendidikan yang berkualitas di Sampoerna Academy.

Pengembalian bantuan biaya pendidikan dilakukan setelah penerima bantuan biaya pendidikan menyelesaikan  pendidikan dan sudah beradaptasi dengan dunia kerja. Hal ini memungkinkan penerima bantuan biaya pendidikan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan tingginya dengan baik di Sampoerna Academy. Dengan kata lain, selama masa pendidikan, penerima bantuan biaya pendidikan dapat fokus pada pelajaran dan tidak perlu khawatir mengenai biaya pendidikantersebut.

Mekanisme pengembalian bantuan pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Penerima bantuan biaya pendidikan diberikan kesempatan tenggang waktu 6 bulan untuk beradaptasi dengan dunia kerja setelah menyelesaikan masa pendidikannya di perguruan tinggi
  • Setelah 6 bulan, maka penerima bantuan biaya pendidikan mulai berkontribusi untuk mengembalikan bantuan yang telah mereka manfaatkan. Besarnya kontribusi berdasarkan tingkat pendapatan masing – masing penerimabantuan
  • Kontribusi balik ini dibayarkan sampai lunas sesuai dengan bantuan biaya pendidikan yang diterima dan semua biaya terkait bantuan biaya pendidikan

Koperasi Siswa Bangsa selalu melampirkan rincian  jumlah total bantuan untuk setiap siswa/i pada saat siswa/imenyetujui perjanjian program pemberian bantuan pendidikan ini. Koperasi Siswa Bangsa juga mendampingi para siswa/i dan orang tua untuk menjelaskan  isi dari perjanjian program pemberian bantuan pendidikan tersebut.

Setiap siswa/i memiliki hak pilihan untuk mengikuti program bantuan biaya pendidikan ini. Program bantuan biaya pendidikan ini memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana agar dapat memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas.Bagi Putera Sampoerna Foundation pendidikan adalah sebuah investasi dalam masa depan parainsan bangsa, sehingga mereka akan dapat memperoleh pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan taraf hidup mereka masing – masing.

Putera Sampoerna Foundation sangat terbuka untuk menerima opini publik. Opini tersebutakan kami jadikan bahan referensi dalam menyempurnakan program-program Putera Sampoerna Foundation kedepan. Kami senantiasa menyampaikan informasi tentang program-program kami dengan jelas dan transparan melalui website (www.sampoernafoundation.org), sosial media kami dan bahkan acara temu muka.

Masukan dan opini dari Bapak/Ibu dapat dikirimkan ke info@sampoernafoundation.org. Kami akan memastikan tim kami akan menjawab langsung email Bapak/Ibu.

 

– Putera Sampoerna Foundation –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s