ASBI Indonesia

"Learn Today Lead Tomorrow"

ravenwangsa

Cita-Cita Advance Technology Untuk Indonesia Masa Depan

Leave a comment

ravenwangsaKemarin, Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) – @USBI_Indonesia mengadakan Twitterview (wawancara melalui twitter) dengan Raven Dwipa Wangsa –  @ravenwangsa alumnus SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy). Dia adalah satu dari 25 alumnus Sampoerna Academy yang melanjutkan studi ke Amerika.

Kami merangkum untuk teman-teman catatan wawancara @USBI_Indonesia dengan pria yang sekarang sedang berkuliah di Lone Star College, bukti nyata pengalaman seru namun menjanjikan di dalam Siswa Bangsa journey.

 

Halo @ravenwangsa, apa kabar? So far, gimana liburan kamu di Indonesia? #SBJourney

Halo @USBI_Indonesia, liburan saya kali ini sangat spesial karena saya dapet kesempatan buat intern di Sampoerna Agro😀

Wah, keren! Kamu jurusan apa sih? Sebelumnya mendengar tentang @lonestarcollege dari mana?

Saya disini ngambil jurusan Computer Science, jd cerita sedikit ya. Dulu waktu masih di Sampoerna Academy (yg sekarang namanya udah berubah jd ASBI) menawarkan sebuah ksmpatan untuk melnjutkan kuliah ke luar negeri melalui Community College yg brnma @lonestarcollege. Jd sbelum bsa melanjutkan kuliah ke Lone Star ini saya hrus mengikuti seleksi yg diadakan secara internal di ASBI dan alhamdulillah saya salah satu dr 5 anak yg terpilih di ASBI Palembang.

Lalu kenapa sih @ravenwangsa memilih Lone Star untuk meneruskan studi?

Yg ditawarkan oleh Lone Star sendiri, salah satunya adalah adanya program yg memberikan double degree kepada mahasiswanya. Jd siswa yg berkuliah di Lone Star selama 2 tahun setelah tamat akan mendapat Associate Degree untuk mendapatkan Bachelor Degree. Jd dalam 4 tahun seorang siswa yg masuk ke Lone Star terlebih dahulu akan mampu meraih Associate Degree dan Bachelor Degree.

LSC kan community college ya, mungkin teman2 ada yang belum tahu apa itu. Bisa tolong jelasin?

Community College sebenarnya memiliki basis yg sama layaknya universitas. Yg membedakan hanyalah jumlah siswa dalam satu kelas. Di universitas seluruh siswanya akan belajar General Studies sama halnya dengan Lone Star. Namun di universitas pada tahun pertama akan memiliki jumlah murid yg banyak hingga ratusan sehingga hampir tidak memungkinkan untuk dosen dalam mengerti apa yg dibutuhkan dalam kelas tersebut. Tetapi dalam community college jumlah siswa hanya sekitar 25 hingga 30 siswa yg memungkinkan untuk professor pengajar untuk memhami dan mnolong stiap ksulitan yg mngkin dihdapi oleh siswanya. @USBI_Indonesia memiliki sistem yg hampir sama seperti Lone Star College dan bahkan memiliki nilai lebih yg sangat menguntungkan untuk Indonesian students. Salah satu diantaranya adlh seorang siswa tidak harus membyar mhal untk mrasakan pndidikan brstandar Internasional. Selain itu, siswa yg melanjutkan ke USBI akan mendapatkan 3 degree, diantaranya adalah Associate Degree dr Indonesia yg setara D3, Associate Degree yg diberikan Lone Star College dr Amerika, dan juga Bachelor Degree ketika seorang siswa melanjutkan kuliahnya ke universitas di Amerika, setelah mereka lulus di ASBI untuk melanjutkan another 2 years there.

Cool. Anyway @ravenwangsa punya mata kuliah favorit ga nih?

Karena saya akan mengambil Computer Science tentu saya sangat menyukai segala pelajaran mengenai komputer. Saya suka pelajaran ini karena pelajaran ini tidak ada batasnya. Maksudnya adalah seorang yg telah memiliki pengetahuan yg begitu matang tentang komputer ketika ia sudah menjadi expertist akan mampu mengembangkan hal-hal baru dalam dunia perteknologian. Sebagai bukti adalah adanya perkembangan teknologi yg sangat cepat di dunia terutama di kawasan Amerika Serikat.

What is the teaching and learning like at Lone Star? Any cool projects? Online learning?

Salah satu yg paling keren dr Lone Star adalah online learningnya. Para siswa yg mungkin ingin berlibur di home countrynya selagi summer break bisa tetap mengambil beberapa kelas tanpa harus menyiakan waktunya dlam mempercepat klulusan di Lone Star College. Sebagai contoh, saya yg saat ini sedang berada di Indonesia untuk magang juga sedang mengambil online class. Jd sistem online class nya sendiri diatur langsung oleh professor pengajarnya. Sang professor biasanya akan memberikan beberapa tugas yg disertakan dengan informasi deadline tugas tersebut.

Terus apa sih yang paling menarik dari pengalamanmu kuliah di luar negeri?

Menurut saya pribadi, kuliah di luar negeri itu sangat menyenangkan. Environment yg nyaman untuk belajar membuat saya betah berada disana. Selain itu, teman2 dan para pengajar yg ramah membuat saya senang berbaur dengan mereka. Suatu hari ada sebuah kelas yg saya ikuti. Pada saat itu, sang professor melakukan kesalahan dan seketika seorang murid langsung memberikan argumennya bahwa hal yg disampaikan oleh sang professor salah. Sang professor yg saya kira akan tidak menhiraukan masukan dari siswa tersebut trnyta bertindak lain. Sang professor dengan rendah hati meminta maaf atas kesalahannya, dan bahkan sang professor memberitahukan kepada siswanya untuk memberitahukan beliau jika beliau melakukan sebuah kesalahan lagi. Hal ini merupakan sesuatu yg berbeda untuk saya. Mungkin hal ini akan jauh berbeda dengan sistem pengajaran yg ada di Indonesia.

Rencana kamu untuk karir kamu apa sih? Share dong sama teman2 di sini🙂

Karena saya memiliki rencana untuk mengambil Computer Science sebagai jurusan saya, saya memiliki tekad untuk berkarir di dalam dunia IT. Setelah saya tamat dari pendidikan 4 tahun saya ini saya berencana untuk bergabung ke dalam sebuah perusahaan terdepan dalam bidang teknologi yg nantinya bisa saya serap ilmunya untuk saya kembangkan dan aplikasikan di Indonesia. Saya berharap karir saya akan menjadi nyata sesuai dengan apa yang saya harapkan.

Amin. Nah, kamu punya saran ga buat yang tertarik ngikutin jejak kamu?

Untuk teman2 yg tertarik untuk meneruskan pendidikannya ke luar negeri terutama ke AS saya punya beberapa saran. Yg pertama, tekadkan dirimu dalam hal yg ingin kamu capai. Yg kedua, ketika mendapatkan kesempatan, jangan pernah menyia-nyiakan. Yg ketiga, ikuti passion jurusan apa yg kamu minati. pstikn jrusan itu adlh jrusan yg kmu snangi dan kmu inginkan dan diharapkan tidak membuat kamu merasa tertekan. Yg ke empat, slalu menjalin relasi dengan orang yg banyak karena relasi yg luas akan bnar2 mmbntu teman2 sekalian. Yg trakhir, pastinya ketika menemui kegagalan jgn pernah putus asa.

Apa mimpimu untuk Indonesia?

Saya bermimpi untuk memajukan teknologi di Indonesia. Walaupun itu terasa sulit, tapi saya harus yakin bahwa saya mampu mewujudkannya. Dengan bantuan partner2 lainnya yg sejalan dgn saya, untuk mewujudkan hal ini pun akan teramat mungkin dan juga memiliki dana yang sangat teramat cukup untuk mengabdi kepada negara ini, saya yakin bahwa Indonesia bisa menjadi sebuah negara maju ketika salah satu aspek pendorong untuk menjadi negara maju terpenuhi. Salah satu aspek tersebut menurut saya pribadi adalah advance technology.

Ok @ravenwangsa, one more question. When you are successful in the future, what will you do for giving back?

My standard of being successful is that when i can reach my dream to become an IT expert. As what i said before, saya akn brkontribusi kpd negara ini dgn memajukan perteknologian Indonesia. Ketika saya mampu mewujudkan hal tersebut berarti saya telah mampu memenuhi salah satu aspek dalam sebuah negara untuk menjadi sebuah negara yg maju dan saya yakin bahwa Indonesia mampu untuk menjadi sebuah negara yg maju di masa depan.

Semoga pengalaman @ravenwangsa bisa menjadi inspirasi positif untuk teman-teman ASBI ya🙂

Leave a Reply

